April 16, 2021

SABILUL KHAYR AL IBANA

Lillah Fillah Billah

Puasa Syawwal, Apakah Harus di Awal Bulan?Harus Berturut-Turut?

Pertanyaan

assalamualaikum warrahmatullahi wa barakatu.

ana ingin bertanya untuk waktu puasa sunnah syawal itu harus diawal bulan syawal setelah hari raya iedul fitri apa boleh di pertengahan bulan syawal?
apa boleh kita puasa sunnah syawal 7 hari setelah hari raya iedul fitri?

syukron..

ikhwan bekasi


Jawaban

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Waktu puasa sunnah 6 hari di bulan Syawwal mulai hari ke dua hingga berakhirnya bulan Syawwal. Boleh dilaksanakan di awal, di tengah atau di akhir bulan Syawwal. Boleh dilakukan secara berturut-turt atau terpisah.

Imam an-Nawawi rahimahullah menerangkan:
Dan disunnahkan untuk berpuasa 6 hari Syawwal pada awal syawwal secara berturut-turut(maksudnya setelah hari ied, karena hari ied haram berpuasa.pent), dan jika dipisah-pisah pelaksanaannya atau dilaksanakan tidak pada awal Syawwal itu hukumnya boleh. Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab oleh imam Nawawi 6/379

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi pernah ditanya:
Apakah puasa enam hari setelah Ramadhan harus dilakukan langsung setelah hari raya Idul Fitri, atau boleh dilakukan beberapa hari setelahnya? Apakah secara berturut-turut atau terpisah, selama masih bulan Syawal?

Mereka menjawab:
Tidak ada keharusan untuk berpuasa enam hari langsung setelah Idul Fitri. Bahkan, boleh dilakukan sehari atau beberapa hari setelah hari raya. Boleh dilaksanakan secara berturut-turut atau terpisah selama masih bulan Syawal sesuai dengan apa yang mudah menurut kemampuan. Ada keleluasaan dalam masalah ini, ini hukumnya sunnah dan bukan wajib.
Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 10/391 pertanyaan keempat dari fatwa no.3475

Dijawab Oleh Ustadz Mukhsin Suaidi, Lc, M.E.I حفظه الله)

Sumber www.salamdakwah.com/pertanyaan/3925-puasa-syawwal-apakah-harus-di-awal-bulanharus-berturut-turut

Share

Tinggalkan Balasan