April 16, 2021

SABILUL KHAYR AL IBANA

Lillah Fillah Billah

Apakah Engkau Masih dalam Keraguan?

โ”๐Ÿƒ๐ŸŒบโ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”“
FAWAID EDISI KHUSUS
โ”—โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”โ”๐ŸŒบ๏ธ๐Ÿƒโ”›

ุฃ ููŠ ุดูƒ ุฃู†ุช ุŸ

๐Ÿ” APAKAH ENGKAU MASIH DALAM KERAGUAN?

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman,

ูˆ ู„ูˆ ู„ุง ุฃู† ูŠูƒูˆู† ุงู„ู†ุงุณ ุฃู…ุฉ ูˆุงุญุฏุฉ ู„ุฌุนู„ู†ุง ู„ู…ู† ูŠูƒูุฑ ุจุงู„ุฑุญู…ู† ู„ุจูŠูˆุชู‡ู… ุณู‚ูุง ู…ู† ูุถุฉ ูˆ ู…ุนุงุฑุฌ ุนู„ูŠู‡ุง ูŠุธู‡ุฑูˆู† . ูˆ ู„ุจูŠูˆุชู‡ู… ุงุจูˆุงุจุง ูˆ ุณุฑุฑุง ูˆ ุนู„ูŠู‡ุง ูŠุชูƒุฆูˆู† . ูˆ ุฒุฎุฑูุง ูˆ ุฅู† ูƒู„ ุฐู„ูƒ ู„ู…ุง ู…ุชุงุน ุงู„ุญูŠุงุฉ ุงู„ุฏู†ูŠุง ูˆ ู„ุงุฎุฑุฉ ุนู†ุฏ ุฑุจูƒ ู„ู„ู…ุชู‚ูŠู† .

“Jika sekiranya bukan untuk menghindarkan manusia menjadi ummat yang satu dalam kekafiran, tentunya Kami akan jadikan bagi orang-orang kafir itu loteng-loteng perak, dan tangga-tangga perak yang mereka naiki bagi rumah mereka. Dan bagi rumah mereka pula pintu-pintu perak, juga dipan-dipan perak yang mereka gunakan untuk bersandar. Juga akan kami berikan pula perhiasan emas. Namun, semua itu hanyalah perhiasan dalam kehidupan dunia, sedangkan kehidupan akhirat itu di sisi Rabb-mu adalah bagi orang-orang yang bertaqwa”.
๐Ÿ“š (QS Az-Zukhruf: 33-35).

 

Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjelaskan kepada hamba-hamba-Nya yang beriman, bahwasanya rahmat Allah ๏ทป berupa keimanan, hidayah, dan kekokohan mereka berpegang kepada kebenaran itu lebih baik dari apa yang dinikmati oleh orang-orang kafir berupa perhiasan kehidupan dunia.

Dalam ayat di atas ada sebuah kalimat yang menjadi penghibur dan berita gembira bagi setiap hamba,

ูˆ ู„ุงุฎุฑุฉ ุนู†ุฏ ุฑุจูƒ ู„ู„ู…ุชู‚ูŠู† .

“Sedangkan kehidupan akhirat itu di sisi Rabb-mu adalah bagi orang-orang yang bertaqwa”.

 

Inilah bantahan yang mencukupi dan sempurna bagi sebagian pikiran kerdil, kebodohan akan hakikat dunia oleh sebagian kaum materialis bahwasanya mereka berpikiran harta, kemewahan, dan juga kedudukan di antara manusia adalah bukti kecintaan Allah ๏ทป, kemuliaan, dan kebaikan bagi seorang manusia.

โ˜„๏ธ Namun pemilik alam semesta ini (Allah ๏ทป) membantah bahwasanya hidayah, keimanan, dan keislaman seseorang, serta istiqamah di dalam memegang kebenaran, itulah standar kemuliaan dan kebaikan.

Dan bahwasanya kehidupan dunia ini kecil dan rendah, tidak mungkin seorang beriman menjadikannya standar kemuliaan dan kehinaan.

๐Ÿ›ค๏ธ Dan juga bahwasanya kehidupan akhirat adalah kehidupan yang ditetapkan oleh Allah ๏ทป bagi orang-orang yang beriman.

Hal ini juga membantah sebagai orang yang pengelihatannya terkaburkan oleh kehidupan orang kafir dan kemewahan mereka, sehingga perasaan mereka teracuni oleh debu-debu materialistik, dan mereka berharap sebagaimana harapan orang-orang yang tidak beriman itu.

 

๐Ÿ“– Disebutkan dalam sebuah riwayat yang begitu indah.

ุฏุฎู„ ุนู…ุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆ ู‡ูˆ ู†ุงุฆู… ุนู„ู‰ ุญุตูŠุฑ ู‚ุฏ ุงุซุฑ ุนู„ู‰ ุฌู†ุจู‡ ุงู„ุดุฑูŠู ุŒ

ูุจูƒู‰ ุนู…ุฑ ูˆ ู‚ุงู„ ูŠุง ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ูƒุณุฑู‰ ูˆ ู‚ูŠุตุฑ ูˆู‡ู… ุนู„ู‰ ูƒูุฑ ูŠู†ุงู… ุนู„ู‰ ุงู„ุญุฑูŠุฑ ูˆ ุงู„ุฏูŠุจุงุฌ ูˆ ุฃุญู„ู‰ ุงู„ูุฑุด ูˆ ุฃู†ุช ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ูˆ ุญุจูŠุจ ุงู„ู„ู‡ ูˆ ุฃูˆู„ ู…ู† ุชูุชุญ ู„ูƒ ุงู„ุฌู†ุฉ ูˆ ุชู†ุงู… ุนู„ู‰ ุงู„ุญุตูŠุฑ ุŸ

ูู‚ุงู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฃ ููŠ ุดูƒ ุฃู†ุช ูŠุง ุฅุจู† ุงู„ุฎุทุงุจ ุŸ

ู‚ุงู„ ู„ุง ูŠุง ุฑุณูˆู„

ู‚ุงู„ ุฃูˆู„ุฆูƒ ู‚ูˆู… ุนุฌู„ุช ู„ู‡ู… ุทูŠุจุงุชู‡ู… ููŠ ุญูŠุงุชู‡ู… ุงู„ุฏู†ูŠุง ุŒ ุง ู…ุง ุชุฑุถู‰ ุฃู† ุชูƒูˆู† ู„ู‡ู… ุงู„ุฏู†ูŠุง ูˆ ู„ู†ุง ุงู„ุขุฎุฑุฉ ุŸ.

Umar radhiyallahu ‘anhu masuk menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, sedangkan saat itu Beliau ๏ทบ tidur di hamparan pasir berdebu sehingga terlihat bekasnya di punggung Beliau ๏ทบ yang mulia.

Melihat pemandangan itu, Umar radhiyallahu ‘anhu menangis, kemudian ia berkata kepada Rasulullah,

“Wahai Rasulullah, Qisra (Raja Persia) dan Kaisar (Raja Romawi) telah mengenyam kenikmatan, sedangkan engkau Rasulullah, kekasih Allah ๏ทป juga orang yang pertama kali membukakan pintu surga dan engkau membiarkan dirimu tidur di atas pasir (seperti ini)? ”

Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Apakah engkau masih dalam keraguan wahai putra Khattab?”

Umar radhiyallahu ‘anhu menjawab,

“Tidak wahai Rasulullah”.

Lalu Beliau ๏ทบ bersabda,

“Mereka adalah satu kaum yang disegerakan kenikmatan hidup mereka di dunia, tidakkah engkau ridha (kepada Allah ๏ทป ), bahwasanya Allah ๏ทป menjadikan bagi mereka dunia sedangkan bagi kita akhirat?”

๐Ÿฅ€ Sebagai orang yang kita temui, dan yang kita bicarakan ini adalah orang-orang yang telah lama mengaji, tahu akan dalil-dalil syar’i, dan keutamaan akhirat atas kehidupan dunia.

 

โœ๐Ÿป Ustadz Abu Abd Rahman bin Muhammad Suud Al Atsary ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰.

๐Ÿ–‡๏ธ sosmed.sabilulkhayr.com

โ”ˆโ”ˆโ”ˆโ—‰โ—ˆโ—‰โ’ SKAI โ’โ—‰โ—ˆโ—‰โ”ˆโ”ˆโ”ˆ

๐Ÿ“ฒ SKAI Center Ikhwan: bit.ly/SKAI-Center-03
๐Ÿ“ฒ SKAI Center Akhawat: bit.ly/SKAI-Center-01
๐Ÿ‘ฅ Join Grup WA: bit.ly/SKAI-Center-01
๐ŸŒ Website: sabilulkhayr.com
๐ŸŽฅ Youtube: youtube.com/c/sabilulkhayrtv
๐Ÿ“ท Instagram: Instagram.com/Sabilulkhayr
๐ŸŒ Fanpage: facebook.com/sabilulkhayr
๐Ÿ“ง Twitter: twitter.com/sabilulkhayr
๐Ÿ’ฌ Line: bit.ly/sabilulkhayrLine
โœ‰ Telegram Chanel:ย t.me/sabilulkhayr
๐Ÿ“ฎ Tanya Jawab SKAI: t.me/tjsabilulkhayr
๐Ÿ“‘ Laporan Donasi: sabilulkhayr.com/donasi-skai

 

๐Ÿ’ฐ Donasi Dakwah SKAI

๐Ÿง BANK MUAMALAT
| Rekening : 2150014535
| Kode Bank : 147
| Atas nama : SABILUL KHAYR AL IBANA

Donasi Pulsa SKAI ke nomor 082135717823.

Konfirmasi Donasi klik link: bit.ly/Donasi-SKAI

๐Ÿ“ก Silakan dibagikan! Raih pahala dengan membantu menyebarkan kebaikan.

Share