Juni 24, 2021

SABILUL KHAYR AL IBANA

Lillah Fillah Billah

Musholla ‘Id Lebih Baik Untuk Para Wanita Dari Rumah Mereka

Musholla ‘Id Lebih Baik Untuk Para Wanita Dari Rumah Mereka

 

Setelah sebulan penuh berpuasa, disyari’atkan untuk kaum Muslimin melakukan ibadah besar yaitu Shalat ‘idul fitri di Mushalla ‘id.

Ulama berbeda pendapat tentang hukum shalat ‘id, ada yang berpendapat sunah, ada yang berpendapat fardhu kifayah dan ada juga yang berpendapat fardhu ‘ain.

Syekh Muhammad bin Shalih Utsaimin rahimahullah menguatkan pendapat yang menyatakan fardhu ‘ain, dengan alasan Nabi shallallahu alaihi wa sallam sampai-sampai memerintahkan kepada para wanita untuk keluar ke Mushalla ‘id untuk shalat bersama umat muslim, dan tidak didapati perintah agar wanita untuk hadir di Mushalla yang ada kaum laki-lakinya melainkan pada shalat ‘id.

عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْها قَالَتْ : أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نُخْرِجَهُنَّ فِي الْفِطْرِ وَالأَضْحَى الْعَوَاتِقَ وَالْحُيَّضَ وَذَوَاتِ الْخُدُورِ ، فَأَمَّا الْحُيَّضُ فَيَعْتَزِلْنَ الصَّلاةَ وَيَشْهَدْنَ الْخَيْرَ وَدَعْوَةَ الْمُسْلِمِينَ . قُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، إِحْدَانَا لا يَكُونُ لَهَا جِلْبَابٌ . قَالَ : لِتُلْبِسْهَا أُخْتُهَا مِنْ جِلْبَابِهَا

Dari Ummu Athiyah radhiallahu ‘anha; beliau berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami untuk keluar pada hari Idul Fitri dan Idul Adha, baik ‘awatiq (wanita yang baru baligh), wanita haid, maupun gadis yang dipingit. Adapun wanita haid, mereka memisahkan diri dari tempat pelaksanaan shalat dan mereka menyaksikan kebaikan serta dakwah kaum muslimin. Aku berkata, ‘Wahai Rasulullah, salah seorang dari kami tidak memiliki jilbab.’ Beliau menanggapi, ‘Hendaklah saudarinya memakaikan jilbab kepadanya.

(HR.Bukhari: 324, Muslim: 890).

Hadits ini menunjukkan tentang perhatian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam akan shalat ‘id, ia merupakan ibadah yang agung, yang hendaknya setiap kita memiliki perhatian besar akan hal ini.

 

Syekh Muhammad bin Shalih Utsaimin rahimahullah berkata:

“kalau begitu para wanita diperintahkan untuk keluar ke Musholla ‘id, pada selain shalat ‘id rumah-rumah mereka lebih baik untuk mereka, namun wajib bagi wanita jika keluar ke Musholla ‘id agar bertakwa kepada Allah pada dirinya dan masyarakat sekitarnya, jangan keluar dengan memakai minyak wangi, bertabarruj, bergaya genit, berlenggak-lenggok dalam berjalan, bercanda dengan saudarinya di jalan, wajib bagi wanita untuk keluar dengan terhormat, berwibawa, dan jauh dari fitnah, apabila keluar dengan hal yang mengandung fitnah, maka keluarnya haram.”

📖 (Durus wa fatawa min al-haramain as-syarifain: 8/483).

Semoga Allah melimpahkan keberkahan dan kebahagiaan kepada kita semua di hari ‘id kita, آمين.

 

✍🏻 Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. حفظه الله تعالى.

🖇️ sosmed.sabilulkhayr.com

┈┈┈◉◈◉❒ SKAI ❒◉◈◉┈┈┈

📲 SKAI Center Ikhwan: bit.ly/SKAI-Center-03
📲 SKAI Center Akhawat: bit.ly/SKAI-Center-01
👥 Join Grup WA: bit.ly/SKAI-Center-01
🌐 Website: sabilulkhayr.com
🎥 Youtube: youtube.com/c/sabilulkhayrtv
📷 Instagram: Instagram.com/Sabilulkhayr
🌏 Fanpage: facebook.com/sabilulkhayr
📧 Twitter: twitter.com/sabilulkhayr
💬 Line: bit.ly/sabilulkhayrLine
✉ Telegram Chanel: t.me/sabilulkhayr
📮 Tanya Jawab SKAI: t.me/tjsabilulkhayr
📑 Laporan Donasi: sabilulkhayr.com/donasi-skai

 

💰 Donasi Dakwah SKAI

🏧 BANK MUAMALAT
| Rekening : 2150014535
| Kode Bank : 147
| Atas nama : SABILUL KHAYR AL IBANA

📱 Donasi Pulsa dapat disalurkan ke nomor 082135717823 atau
🔝 Link Aja dengan nomor 082135717823

Konfirmasi Donasi klik link: bit.ly/Donasi-SKAI

📡 Silakan dibagikan! Raih pahala dengan membantu menyebarkan kebaikan.

Share