Jun 24, 2024

Sabilulkhayr Al Ibana

Lillah Fillah Billah

SESI TANYA JAWAB

Kamis, 17 Agustus 2023

Nama: No*** Sh*****
Domisili: Pekanbaru
Grup SKAI-A: 11

Pertanyaan :

بِسْــــــــــــــــــمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ahsanallahu ilaykum, Ustadz. Semoga Allah Ta’ala senantiasa merahmati dan menjaga Ustadz dan keluarga. Izin bertanya, Ustadz. Apa hukum sekadar melihat-lihat aplikasi belanja online sedangkan kita sedang di dalam masjid?

جَزَاكُمُ اللّٰهُ خَيْرًا وَ بَارَكَ اللّٰهُ فِيْكُمْ

Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْمِ اللّٰهِ

Pertanyaan seperti ini kurang tepat dan tidak seharusnya. Seorang yang telah masuk masjid hendaknya menjaga adab-adab masjid karena masjid bukan arena yang kita bebas melakukan apapun. Masjid adalah tempat berdzikir, ibadah, dan bila pun melakukan hal duniawi seperti tidur dan makan dibolehkan namun tetap dengan menjaga adab.

Sedangkan terkait masalah jual beli, melihat produk (pasar), dan bermain hp yang itu adalah bagian dari permainan hendaknya tidak dilakukan di masjid, ada tempat lain. Bila kita di masjid pun masih berupa melihat dunia dan jual beli, bagaimana bila di luar tentunya lebih parah.

Hendaknya kita memiliki kedewasaan bersikap dengan mengagungkan rumah Allah dan beradab terhadap masjid. Ada beberapa kitab ulama yang membahas adab-adab seputar masjid seperti yang ditulis oleh Syaikh Shalih bin Fauzan. Hendaknya kita baca terkait adab adab di masjid. Bila pun butuh masalah duniawi, hendaknya kita keluar dulu sebagai upaya mengagungkan rumah Allah.

وَاللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَابِ

Dijawab oleh Ustadz Abu Abd Rahman bin Muhammad Suud Al Atsary حفظه الله تعالى

Yuk, simak tanya jawab lainnya di link berikut.
🌐 Website Sabilul Khayr Al Ibana
sabilulkhayr.com/category/tanya-jawab-skai/

✉️ Telegram TJ Sabilul Khayr Al Ibana
t.me/tjsabilulkhayr