🏅 BEST QUESTION OF THE YEAR 🏅

📜 SIKAP SEORANG PENUNTUT ILMU DALAM MENYIKAPI MARAKNYA ISU TENTANG WAHABI

Tanya Jawab Grup WhatsApp SKAI
Sabilul Khayr Al Ibana

Nama: Abu Fadel
Domisili: Makassar
Grup SKAI – I: 0️⃣1️⃣

〰〰〰〰〰〰

📥 PERTANYAAN:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ahsanallahu ilaykum, Ustadz..

Semoga Allah Ta’ala senantiasa merahmati dan menjaga Ustadz dan keluarga.

Izin bertanya, Ustadz.

Maraknya isu Wahabi, membuat beberapa masjid tempat kajian dilarang lagi karena hasutan dari orang-orang yang tak suka dakwah haq.

Mohon nasihatnya Ustadz, apa yang sebaiknya kami lakukan? Karena makin kita diam bersabar dan membiarkan, mereka semakin melebarkan isu ke masjid-masjid yang lain.

جَزَاكُمُ اللّٰهُ خَيْرًا وَ بَارَكَ اللّٰهُ فِيْكُمْ

 

📨 JAWABAN:

وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْمِ اللّٰهِ

1️⃣ Isu Wahabi bukan hal baru, fitnah ini sudah ada sejak lama, dari zaman Ahmad Zaini Dahlan dengan bukunya Fitnatul Wahhabiyyah, seorang Mufti Makkah yang beraqidah Asy’ari (Sufi) yang memfitnah dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab sebagai dakwah Wahabi, dari bukunya itu, diteruskan oleh para pendusta berikutnya yang memiliki keburukan tujuan, menginginkan fitnah daripada kebenaran, dan lisannya adalah lisan yang penuh kedustaan.

Orang-orang yang memfitnah dakwah Salafiyah dengan Wahabiyyah, tidak keluar dari orang-orang awam kaum muslimin yang termakan fitnah namun bila telah jelas permasalahan mereka akan dengan mudah kembali kepada kebenaran, orang-orang Syiah, orang-orang Liberal, orang-orang Filsafat, dan orang-orang zindiq dari pengikut agama nenek moyang yang musyrik dan ingin mengembalikan kaum muslimin kepada kesyirikan, atau orang-orang yang memiliki kepentingan yang takut kepentingan akan hilang.

2️⃣ Hendaknya penuntut ilmu, memandang sesuatu dengan ilmu, bukan sekadar apa yang tampak di permukaan.

Ketahui bahwasanya fitnah itu, tidak kembali kecuali pada pencetusnya, mereka menginginkan keburukan sedangkan Allah menginginkan kebaikan dengan fitnah itu, sebagaimana dakwah para Rasul, bahwasanya seruan mereka yang hidup dan diterima hati-hati manusia, sedangkan orang-orang yang memiliki tujuan buruk kembali dengan sakit hati dan memendam kedongkolan serta murka Allah.

Allah mengabarkan kepada kita tentang sahabat, saat mereka telah dikalahkan di perang Uhud, kemudian datang orang-orang yang hendak menakuti mereka,

الذين قال لهم الناس ان الناس قد جمعوا لكم فاخشوهم فزادهم إيماناً و قالوا حسبنا الله و نعم الوكيل.

Yaitu orang-orang yang mentaati Allah dan Rasul-Nya ketika orang-orang berkata kepadanya. Sesungguhnya seluruh manusia telah bersatu untuk memerangi kalian, maka hendaklah kalian takut kepada mereka, maka ucapan itu tidak menambah bagi mereka kecuali keimanan, dan mereka mengatakan, cukuplah Allah bagi kami untuk menolong, dan sebaik-baik pelindung (QS. Ali Imran ayat 173.)

Maka, pahami bahwasanya.

▫️ Kebanyakan fitnah yang ada, karena orang-orang mendengar tentang kita Ahlus Sunnah, bukan menilai atau menimbang ucapan kita secara langsung, sehingga yang muncul asumsi yang keliru dan kesimpulan yang salah.

Sekiranya mereka mendengar langsung, fitnah itu akan segera sirna, karena kebenaran memiliki cahaya yang mudah dikenali hati yang bersih.

▫️ Islam ini milik Allah, ada atau tidaknya kontribusi kita di dalamnya, ia akan diterima oleh hati-hati manusia, dan tidaklah fitnah itu kecuali sebagai tanda bahwasanya dakwah ini telah diterima banyak hati, sehingga marah orang-orang yang memiliki keburukan niat. Anggap fitnah itu sebagaimana pupuk untuk tumbuhnya dakwah ini, dan jangan menjadi penuntut ilmu yang cengeng.

3️⃣ Seorang Salafy, tidak menjawab fitnah dengan fitnah, namun menjawab tuduhan dengan amal nyata, teruslah belajar dan pahami agamamu dengan baik, itulah tugas kita sebagai penuntut ilmu. Perbaiki adab, aqidah dan manhaj.

Terakhir, ketahui bahwa negara kita Indonesia, melindungi kebebasan beragama, dan itu termasuk HAM yang asasi.

Memberangus keyakinan bertentangan dengan undang-undang negara, dan itulah arogansi dan kesewenang-wenangan, di sini orang-orang yang memiliki pemikiran yang adil dan orang-orang yang waras, akan dapat memahami siapa sebenarnya yang ingin merusak negara ini dengan pelanggaran HAM, memecah belah persatuan bangsa, dengan sikap arogansi yang begitu jelas, karena merasa mayoritas.

Manhaj Salaf adalah metode beragama, yang menurut istilah umum adalah pemikiran. Pemikiran tidak bisa dibubarkan atau ditekan. Manhaj Salaf bukan organisasi, sehingga bisa dibubarkan atau dilarang.

Organisasi seperti PKI yang benar-benar merusak di Indonesia, dan organisasinya telah dibubarkan, namun pemikiran Komunisme masih eksis dan tetap ada secara wujud.

Maka, pertebal tawakkal dan teruskan untuk menuntut ilmu dan berdakwah, Allah adalah sebaik-baik pelindung dan penjaga.

Allah berfirman menjelaskan kondisi tukang sihir Fir’aun saat mereka disiksa karena imannya, mereka berkata,

قالوا لن نؤثرك على ما جاءنا من البينات و الذي فطرنا فقضى ما أنت قض إنما تقضى هذه الحياة الدنيا.

Mereka berkata, kami tidak akan mendahulukan kamu dari apa yang telah datang kepada kami dari kebenaran yang telah jelas dan dari Allah yang telah menciptakan kami, maka putuskan apa yang ingin engkau putuskan, karena engkau hanya bisa memutuskan urusan di kehidupan dunia.
(QS. Thaha ayat 72.)

Bila satu saat kita dilarang dengan alasan kita Wahabi, kita katakan, alhamdulillah kita bukan pengikut Wahabi, kita adalah pengikut Rasulullah ﷺ dan sahabat.

Bila kita dilarang umpama menggunakan kata Salafy, kita bisa menggunakan kata Ahlus Sunnah, bila kita dilarang menggunakan kata Ahlus Sunnah, kita gunakan kata Islam, yang dinilai saat itu, bukan lagi istilah, namun hakikatnya.

Manusia hanya bisa merencanakan makar-makar dunia.

Namun kita yakin semua fitnah akan berbuah manis, bahwasanya dakwah Salafiyah akan diterima oleh manusia khususnya kaum muslimin di Indonesia, karena ia adalah ajaran Islam itu sendiri.

وَاللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَابِ

 

✒️ Dijawab oleh:
Ustadz Abu Abd Rahman bin Muhammad Suud Al Atsary حفظه الله تعالى.

🖇️ sosmed.sabilulkhayr.com

•┈┈•⊰• 🅢🅚🅐🅘 •⊱•┈┈•

🔖 Join WA: sabilulkhayr.com/join
🌐 Web: www.sabilulkhayr.com
🎥 YT: youtube.com/c/sabilulkhayrtv
📧 Twitter: twitter.com/sabilulkhayr
🌏 FB: facebook.com/sabilulkhayr
✉ Telegram: t.me/sabilulkhayr
💬 Line: bit.ly/sabilulkhayrLine
📻 Radio: radio.sabilulkhayr.com
📢 Broadcast: bit.ly/skai-bc
📮 Tanya Jawab: t.me/tjsabilulkhayr
📱 Aplikasi: sabilulkhayr.com/aplikasi
📑 Ta’awun: sabilulkhayr.com/ta'awun
🛍️ SKAI Market: market.sabilulkhayr.com
📷 IG: Instagram.com/Sabilulkhayralibana

💰 Infaq Dakwah SKAI

🏧 BANK MUAMALAT
| Rekening : 2150015205
| Kode Bank : 147
| Atas nama : SABILUL KHAYR AL IBANA

🏧 BANK SYARIAH INDONESIA (EX BSM)
| Rekening : 1231237883
| Kode Bank : 451
| Atas nama : SKAI OPERASIONAL

Infaq Pulsa SKAI ke nomor: 081265557612

Mohon untuk Konfirmasi ke :
wa.me/6288263891871
bit.ly/KonfirmasiDonasi-SKAI

SKAI Center
📲 sabilulkhayr.com/skaicenter

📡 Silakan dibagikan! Raih pahala dengan membantu menyebarkan kebaikan.